Sepeda Santai dan Jalan Sehat Tandai Puncak Peringatan Harkopnas 72 di Kabupaten Banjarnegara

DS – Puncak acara Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 72 Tingkat Kabupaten Banjarnegara ditandai dengan pelaksanaan Sepeda santai dan jalan sehat. Start dan Finish kedua kegiatan ini dilaksanakan di halaman Kantor Disperindagkop dan UKM Banjarnegara, Minggu (28/7). Ratusan penggowes dan warga membanjiri dua kegiatan gratis dan berhadiah menarik ini. Untuk meramaikan event,  digelar kegiatan gelar produk UMKM dan pembagian pakaian layak pakai. Demikisan disampaikan Kepala Disperindagkop UKM Banjarnegara. Joi Setiawan di sela-sela kegiatan.

“Sebelumnya, beberapa agenda telah dilaksanakan dalam peringatan Harkopnas di Kabupaten Banjarnegara anatara lain, diklat koperasi syariah, lomba paduan suara, donor darah, bedah rumah dan ziarah makam tokoh koperasi” katanya.

Selain kegiatan yang dilaksanakan di daerah,  Kabupaten Banjarnegara juga ikut berpartisipasi di tingkat nasional pada acara Jambore Koperasi Nasional yang berlangsung di Baturaden, Purwokerto.

“Kita meraih juara tiga nasional pada Jambore Koperasi Nasional untuk lomba vlog penyuluhan,” katanya

Dia berharap gebyar kemeriahan peringatan Harkopnas ini tidak hanya sebatas semarak saja, tetapi juga harus ada tindak lanjut tentang kemajuan perkoperasian di Banjarnegara serta perlunya regenerasi dalam pengelolaan koperasi. Menurutnya, di era sekarang ini peran generasi muda terutama generasi mileneal sangat diharapkan untuk turut memajukan dunia perkoperasian. Oleh karena itu perlu adanya pengenalan dan pendekatan koperasi kepada generasi milenial ini.

“Untuk medekatkan koperasi kepada generasi milenial juga diadakan lomba foto tentang kegiatan Harkopnas di Banjarnegara dengan cara upload foto ke Facebook kita dengan hastag #disperindagkopukmbanjarnegara dan #harkopnas72. Pemenang akan ditentukan dengan jumlah like terbanyak,” terangnya

Joi menambahkan informasi, jumlah koperasi di Banjarnegara berjumlah 393 koperasi akan tetapi yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) hanya sekitar 150. Beberapa belum siap untuk RAT dan sebagian sebenarnya hanya tinggal nama.

“Kita pelan-pelan tata koperasi di Banjarnegara dan yang tidak aktif kita akan usulkan ke Kementerian Koperasi dan UKM untuk dihapus,” imbuhnya

Wakil Bupati Banjarnegara sekaligus Ketua Dekopinda Kabupaten Banjarnegara, Syamsudin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih pada segenap pihak yang telah ikut serta menyukseskan penyelenggaraan Harkopnas di Kabupaten Banjarnegara ini.

Berbagai kegiatan yang dilakukan pada peringatan Harkopnas ini merupakan salah satu wujud eksistensi gerakan koperasi di Kabupaten Banjarnegara. Diharapkan, masyarakat semakin menyadari tentang keberadaan koperasi menjadi bagian dalam mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat dan sejatera.

 

Sumber : derapserayu.banjarnegarakab.go.id