Dari gelaran DCF X : Ada anak gembel yang minta kentut satu plastik

DS – Ada yang unik dari ritual cukur rambut gembel di gelaran Dieng Culture Festival (DCF) X. Satu anak gembel Dinda Syifa Ramadani (4 th) putri Bapak Sugianto dan Ibu Mursinah dari Jlamprang Leksono, Wonosobo minta kentut satu plastic dan telur puyuh 1 biji. Permintaan tersebut merupakan prasyarat yang harus dipenuhi sebelum dilakukan ruwatan cukur rambul gembel. Demikian jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Banjarnegara, Dwi Suryanto, (03/08) di Sekretariat UPTD Dieng.

“Meskipun terdengar lucu, namun permintaan tersebut harus dipenuhi oleh penyelenggara. Sebab bila tidak dituruti, dipercaya rambut si anak akan tumbuh kembali dan anak akan menjadi sakit-sakitan” katanya.

Permintaan lain dari anak gembel yang akan diruwat ada yang minta es krim coklat, pecut klintingan topeng, uang Rp 4 ribu, cincin dan duren, laptop, 2 ekor kambing, liburan ke pantai, sepeda pink, dan uang Rp 4 juta serta ada juga yang permintaannya tiga jenis sekaligus yaitu Bakso, sepeda, dan Hp. Kenyataannya, permintaan anak sukerta tersebut anak yang bernilai kecil, namun ada yang bernilai mahal.

“Panitia DCF mengutamakan anak-anak dari keluarga pra sejahtera yang diikutsertakan agar permintaan anak yang mahal dapat dibantu pemenuhanya, sehingga niatan untuk meruwat anak dapat terlaksana” katanya.

Total jumlah anak gembel yang akan diruwat pada penyelenggaraan DCF X berjumlah 11 orang. Dari jumlah tersebut 2 anak berasal dari Banjarnegara yaitu dari desa Gumiwang, Purwonegoro, dan dari desa Karangtengah, Batur. Masing-masing 1 orang anak berasal dari Temanggung, Batang, dan Tanjung Priok, Jakarta, serta 6 orang anak lainnya berasal dari Kabupaten Wonosobo.

“Pada awal pendaftar ada 9 anak. Mendekati hari pelaksanan tambah 2 orang sehingga menjadi 11 anak” katanya.

Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa, Alif Fauzi mengatakan jamasan anak rambut gembel pada tahun ini akan kembali dilakukan di Dharmasala, komplek Candi Arjua. Sedangkan larung rambut gembel dilaksanakan di telaga balekambang.

“Pencukuran rambut gembel sepeti tahun sebelumnya tetap dilaksanakan di komplek candi arjuna. Mengawali pencukuran anak gembel akan dilakukan oleh tetua adat dilanjutkan oleh tamu kehormatan” 

Sumber : derapserayu.banjarnegarakab.go.id