Pedagang K5 RSUD direlokasi ke Eks Dinas Kesehatan Kabupaten

DS – Pedagang Kaki Lima yang ada di seputaran RSUD Hj. Anna Lasmanah, mulai Senin (12/08) direlokasi ke eks kantor Dinas Kesehatan Kabupaten. Pemindahan ini menyusul pemindahan lahan parkir kendaraan pengunjung yang terlebih dahulu dilakukan ke eks DKK.

Kasat Pol PP Banjarnegara Esti Widodo mengatakan, ada 25 PKL RSUD yang dipindahkan ke area baru di kompleks eks Dinas Kesehatan. “Totalnya 25. Yaitu 17 pedagang yang ada di depan rumah sakit, dan 8 lainnya yang di seberang utara,” katanya.

Esti menambahkan, setelah pemindahan ini, maka area depan RSUD steril.

“Mulai Senin (12/08) area depan RSUD tidak boleh lagi untuk berjualan atau untuk parkir,” lanjutnya.

 

Area depan RSUD dan sekitar yang kini tampak lengang dan bersih, Senin siang (12/08) ditinjau Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. Lokasi eks pedagang dan drainase menjadi perhatian dalam aktivitasnya tersebut. Pada saat itu, Bupati didampingi Kasatpol PP Esti Widodo, Direktur RSUD dr Erna Astuti, Dinas Perhubungan bersama pekerja dari DPU, Satpol PP dan DPKPLH. Hasilnya, banyak ditemukan sampah dan limbah minyak di dalam gorong-gorong.

“Ternyata setelah kita  bongkar banyak sekali sampah di dalamnya. Langsung saja kita bedah, kita angkut sampahnya dan salurannya kita gelontor dengan air deras dari mobil pemadam,” katanya.

 

Kondisi gorong-gorong di wilayah RSUD yang demikian itu membuat Budhi prihatin. Karena itu Dia berencana akan membuka gorong-gorong tersebut dan mengeraskan serta merapikan lingkungan di sekitarnya. Selain masalah gorong-gorong, rupanya kondisi trotoar juga sudah labil karena banyak digunakan pedagang untuk tiang pancang tenda dagangan.

“Pasti ditata lagi. Kita bongkar gorong-gorongnya. Kita perbaiki trotoarnya dan dikasih bunga-bunga, karena ini area rumah sakit. Harus indah dan nyaman,” katanya.

 

Tak kalah penting, lanjut bupati, ia berencana untuk memberlakukan satu jalur pada Jalan Jenderal Soedirman, khususnya yang melintasi rumah sakit tersebut.

“Ya, idealnya ini satu jalur, jadi akan membuat nyaman masyarakat yang akan ke rumah sakit. Akan segera saya kordinasikan dengan Polres dan Dinhub untuk itu,” ujarnya.

 

Sumber : derapserayu.banjarnegarakab.go.id