Kecamatan Batur
Banjarnegara

Semangat Pagi Batur!!

Motivasi Untuk Anda Hari Ini
“Hasil yang Anda capai akan sebanding dengan upaya yang Anda lakukan.”
– Denis Waitley –

Explore Banjarnegara

Alun Alun Banjarnegara

Selengkapnya
Alun-alun Banjarnegara adalah sebuah area terbuka yang menjadi salah satu ikon atau land mark dari kota Banjarnegara yang juga dikenal dengan julukan Gilar-Gilar. Kota Banjarnegara sendiri adalah pusat pemerintahan dari Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Di Jawa Tengah, ada sebuah alun-alun yang cukup luas dan rindang yang sangat nyaman untuk dijadikan tempat bersantai, yakni Alun-alun Banjarnegara. Alun-alun ini berlokasi pusat kota Banjarnegara yang menjadi Ibukota dari Kabupaten Banjarnegara.

Selain cukup luas dan rindang, Alun-alun Banjarnegara juga dihiasi dengan ornamen-ornamen yang cukup ikonik dan mewakili entitas budaya masyarakat Banjarnegara, salah satunya monumen Dawet Ayu khas Banjarnegara.

Selain monumen (es) Dawet Ayu Banjarnegara lengkap dengan seorang pria dan seorang wanita yang berdiri mengenakan kebaya, di Alun-alun Banjarnegara juga terdapat taman yang dilengkapi tempat duduk untuk bersantai.

Ada juga sebuah pendopo yang cukup luas yang bentuknya menyerupai bangunan joglo khad budaya masyarakat Banjarnegara. Tersedia juga lapangan yang cukup luas untuk berolahraga.

Selain bisa dijadikan tempat bersantai untuk orang dewasa maupun remaja, Alun-alun Banjarnegara juga sangat nyaman dan ramah untuk anak-anak. Cukup banyak ruang yang bisa dijadikan untuk tempat bermain anak.

Tak hanya itu, di Alun-alun Banjarnegara juga cukup banyak para pedagang yang menjual makanan atau minuman khas Banjarnegara seperti es Dawet Ayu, Purwaceng dan Carica.

Cukup banyak pula area kuliner di sekitar Alun-alun Banjarnegara yang bisa dijadikan tempat makan oleh warga maupun para pengendara yang kebetulan melintas dan mengunjungi kawasan ini.

Wadas Tumpang

Selengkapnya
Wisata Wadas Tumpang Banjarnegara Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Wadas Tumpang Banjarnegara Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Wadas Tumpang Banjarnegara Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Banjartengah tidak mengunjungi wisata Wadas Tumpang Banjarnegara Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Wisata Wadas Tumpang Banjarnegara Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang sepertilibur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan wisata Wadas Tumpang Banjarnegara Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat wisata Wadas Tumpang di kota Banjarnegara.

Arung Jeram Serayu

Selengkapnya
Adventure Rafting Serayu ini merupakan sungai terbesar yang ada di jawa Tengah yang lebih tepatnya berada di Kabupaten Wonosobo untuk bagian hulunya. Selanjutnya, untuk bagian hilirnya berada di daerah Cilacap. Terdapat beberapa Kabupaten yang dilewati oleh rafting ini antara lain Banjarnegara, Wonosobo, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan kebumen.

Serayu ini memiliki tingkat grade yang cukup tinggi dengan kualifikasi arung jeram terbaik dan variatif tentunya. Selain suasana alam sekitar yang begitu eksotis, sudah pasti rafting di sekitar kawasan sungai ini akan memberikan suasana yang menyenangkan. Akan banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan ketika mencoba rafting di Sungai ini.

Candi Bima

Selengkapnya
Candi Bima merupakan salah satu situs candi terbesar yang ditemukan di kawasan Dataran Tinggi Dieng tepatnya di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi ini memiliki keunikan dimana bentuknya berbeda dengan candi-candi yang ditemukan di Jawa Tengah pada umumnya. Arsitektur unik candi ini sering dikait-kaitkan dengan gaya arsitektur India. Keberadaannya cukup dikenal karena berada di tepi jalur utama menuju kawasan Kawah Sikidang Dieng.

Candi Bima memiliki ketinggian sekitar 8 meter, dibangun di atas pondasi yang berbentuk bujur sangkar berukuran 6 x 6 meter. Candi Bima memiliki hiasan pada bagian puncaknya. Candi yang berbentuk Sikhara (mangkuk yang ditangkupkan) ini, mendapat pengaruh gaya arsitektur dari India Utara. Sedangkan pengaruh gaya arsitektur India Selatan, terdapat pada hiasan-hiasan menara dan relung-relung yang berbentuk tapal kuda.

Lokasi Candi Bima berada di jalur menuju Kawah Sikidang dari arah Telaga Warna, Bukit Sikunir, maupun dari Kompleks Candi Arjuna. Papan nama candi ini terpasang cukup jelas di tepi jalan sehingga pengunjung tidak kesulitan menemukan lokasi candi ini. Area parkir cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan beroda empat dan belasan kendaraan beroda dua. Letak candi ini berada di atas bukit kecil dan pengunjung harus melewati 30an anak tangga untuk mencapai area candi.

Candi Bima berjumlah satu bangunan utama candi tanpa ada candi perwara. Posisi pintu masuk kedalam ruangan dalam candi berada di sisi sebelah timur sehingga candi ini menghadap ke timur. Candi ini memiliki keunikan dimana bangunannya mirip dengan bangunan candi yang ditemukan di India yang memiliki tiga tingkatan mendatar.

Surya Yudha Park

Selengkapnya
Bila akan berlibur ke Banjarnegara, Jawa Tengah, ada salah satu objek wisata yang bisa Anda kunjungi, terutama bila liburan bersama anak-anak atau keluarga, yaitu Surya Yudha Waterpark. Taman bermain air ini berlokasi di Jalan Raya Rejasa, Banjarnegara.

Tak hanya taman bermain, di kawasan yang sama, terdapat hotel, restoran, bioskop, ruang karaoke, permainan biliar, dan berbagai objek foto yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini juga bisa jadi alternatif bila ingin staycation di Banjarnegara.

Taman bermain air ini cocok bagi segala usia, karena memiliki beberapa kolam dengan kedalaman berbeda, seperti 10 cm untuk balita, kolam anak 50 cm dan 80 cm, dan kolam olympic 150 cm. Juga ada kolam arus, kolam lagoon water outbound dan kolam ombak tsunami dengan ombak buatan.

Tiket masuk Surya Yudha Waterpark adalah Rp25 ribu untuk dewasa dan Rp15 ribu untuk anak dengan tinggi badan di bawah 1 meter. Biaya tersebut sudah termasuk permainan seluruh wahana di taman bermain.

Ada pun biaya tambahan bila Anda menyewa ban, loker, sepeda air, atau bermain flying fox, terapi ikan, dan masuk ke lorong ajaib. Biaya tambahan ini pun tak lebih dari Rp20 ribu.

Namun, bila Anda menjadi tamu hotel, biaya masuk ke taman bermain ini gratis karena merupakan fasilitas hotel.

Curug Pundung Sewu Petir

Selengkapnya
Wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap anda. Kota Banjarnegara juga terkenal akan Wisata Curug Pundung Sewu Banjarnegara Jawa Tengah yang sangat menarik untuk anda dikunjungi.

Satu tempat yang masih sangat alami di Banjarnegara adalah Curug Pundung Sewu. Kealamian ini bisa dilihat dari minimnya informasi yang ada di internet mengenai keberadaannya. Air terjun yang terjaga kealamiannya ini akan membuat anda merasakan keindahan alam sesungguhnya.

Air terjun ini hanya bisa ditemukan di instagram berupa gambar dan minim deskripsi, jumlahnya pun terbatas. Media lain yang menunjukkan keindahan Curug Pundung Sewu adalah unggahan video dari traveler di Youtube. Wisata Curug Pundung Sewu ini memiliki fasilitas yang sudah memadai yaitu : Area parkir kendaraan, Kamar manda / MCK, Rumah warga. Dengan adanya fasilitas tersebut, pastinya sudah tidak perlu repot – repot jika ingin ke kamar mandi.

Bagi yang ingin berwisata ke Curug Pundung Sewu, bisa menggunakan banyak sarana transportasi. Jika anda asli penduduk Banjarnegara, pastinya sudah tidak bingung. Untuk anda yang berasal dari luar Banjarnegara bisa menggunakan sarana transportasi umum seperti : Bis umum ataupun sarana transportasi lainnya. Anda juga bisa menggunakan sarana transprtasi pribadi seperti : mobil pribadi, sepeda motor atau lainnya. Gunakan sarana transportasi yang aman dan nyaman menurut anda.

Curug Sikopel

Selengkapnya
Curug Sikopel Banjarnegara. Dilihat dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan pesona alam yang begitu menakjubkan. Anda semakin penasaran dengan tujuan wisata ini. Curug Sikopel Banjarnegara terletak di di Desa Babadan, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Memilih wisata dengan nuansa alam yang begitu mempesona memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain murah, dengan mengunjungi wisata alam anda akan semakin bersyukur akan keindahan alam yang disajikan dan dihadirkan oleh Tuhan. Dengan demikian anda akan memiliki dorongan untuk selalu menjaga tempat tersebut dan melestarikannya. Salah satu wisata alam yang ada di Jawa Tengah Curug Sikopel ini menjadi salah satu bukti kebesaran Tuhan yang wajib kita syukuri.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan kolam yang memiliki kedalaman 10 meter.Keberadaan dari air terjun ini yaitu berada di sekitar dataran Dieng di bagian selatan. Jalan untuk bisa menuju ke air terjun ini memang sedikit curam dan penuh perjuangan. Akan tetapi kelelahan yang melanda selama mendaki akan terbayar lunas dengan keindahan yang sungguh memesona ini. jika Anda masuk dalam orang yang beruntung, dalam perjalanan Anda akan menemukan sekawanan kera yang bebas berkeliaran di lahan milik warga sekitar.

Tidak hanya di lahan saja, biasanya segerombolan kera ini juga berlenggang di jalanan raya.Ini suatu pemandangan yang cukup menarik dan sangat mengagumkan. Bisa dibayangkan bagaimana keseruan berjalan dengan melewati sekawanan kera. Tentu ini menjadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berlibur ke Banjarnegara, semoga Anda termasuk orang beruntung yang menemukan sekawanan kera berkeliaran di jalan dan di tanah pekarangan milik warga sekitar.

Untuk biaya masuk atau harga tiket ke Wisata Air Curug Sikopel ini sangat terjangkau. Hanya dikenakan biaya Rp 2.000 per orang. Dengan harga tiket yang terjangkau tersebut, Anda sudah bisa menikmati keindahan Curug Sikopel yang luar biasa. Bisa Anda bayangkan betapa murahnya harga tiket yang dibayangkan. Rasanya harga tersebut tidak sebanding dengan keindahan serta pesona alam yang ditawarkannya. Untuk itu, sayang sekali jika Anda melewatkan kesempatan melepas penat di Curug Sikopel Banjarnegara ini. Biaya yang dikeluarkan sangat murah dengan suguhan panorama yang begitu memikat.

Bagi anda yang berasal kota Banjarnegara sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi wisata Curug Sikopel Banjarnegara Jawa Tengah. Akan tetapi bagaimana bagi anda yang tinggal di luar kota bahkan luar negeri, tentu anda bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi anda yang berasal dari luar kota Banjarnegara.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Curug Sikopel Banjarnegara Jawa Tengah dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke wisata Curug Sikopel Banjarnegara Jawa Tengah di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota Banjarnegara. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju Desa Babadan lalu berjalan kaki hingga sampai di lokasi Wisata Curug Sikopel tersebut.

Gunung Tampomas

Selengkapnya
Terletak di sebelah utara kota Sumedang, Gunung Tampomas memiliki ketinggian mencapai 1684 Mdpl, dengan sumber air panas di beberapa wilayah di kaki gunungnya. Gunung berapi ini di Jawa Barat ini termasuk dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tampomas dengan luas area taman mencapai sekitar 1.250 hektare.

Oleh warga setempat, puncak Gunung Tampomas dikenal dengan sebutan Sangiang Taraje dengan panorama alamnya yang menakjubkan. Karena selain bisa menyaksikan keindahan kota Sumedang dari ketinggian, di puncak gunung juga terdapat lubang-lubang kawah dengan dominasi babatuan besar nan eksotis.

Dari puncak gunung pendaki juga bisa menyaksikan keindahan beberapa gunung di sekitarnya, seperti Gunung Cikuray, Gunung Ciremai dan gunung lainnya di Jawa Barat. Berjarak sekitar 200 meter dari puncak Sangiang Taraje, terdapat sebuah makam atau pesarean yang dikeramatkan. Konon tempat tersebut merupakan petilasan Prabu Siliwangi dan Dalam Samaji yang hidup pada masa Kerajaan Pajajaran Lama.

Air Terjun Genting

Selengkapnya
Curug Genting Batang ini tepatnya berlokasi di Desa Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Propinsi Jawa Tengah. Berjarak ± 38 km ke arah selatan dari Kota Batang.

Akses menuju Curug Genting sendiri terbilang cukup jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Batang. Anda harus menempuh sekitar kurang lebih 30 kilometer melewati jalur utama Batang-Bandar-Blado. Sampai di Desa Bawang, perjalanan pun masih menyisakkan sekitar beberapa kilometer untuk menuju lokasi parkir.

Dieng

Selengkapnya
Dieng Plateau berada pada ketinggian 2093 mdpl, terletak di antara dua kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Pemandangannya sangat indah dan sejak dulu sudah menjadi pusat perkembangan kebudayaan di Indonesia. Sekitar akhir abad ke-19, sudah banyak wisatawan berkunjung dan berwisata ke Dieng Plateau terutama Bangsa Belanda. Jelajahi wisata Dieng Plateau di Jawa Tengah, Indonesia dan temukan 1001 keunikan alam dan budaya lokal yang paling khas.

Telaga Merdada

Selengkapnya
Inilah danau terluas yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Telaga Merdada namanya. Walau merupakan telaga terluas, telaga ini tidak memiliki sumber mata air. Seluruh air yang menggenangi telaga ini merupakan tampungan air hujan.

Karena telaga yang airnya merupakan tampungan air hujan, pada musim kemarau, telaga ini akan kering. Bagian tengah telaga akan terlihat dengan jelas. Tapi begitu, bukan berarti telaga ini bisa dilintasi dengan berjalan kaki. Telaga ini memiliki lumpur yang dalam sehingga berbahaya untuk dilintasi.

Terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, luas telaga ini sekitar 25 hektare. Telaga ini dikelilingi oleh dua bukit, yaitu Bukit Pangonan dan Bukit Semurup yang sebenarnya bernama Summer Up karena tanah bukit ini berwarna merah dan sering terjadi kebakaran, tapi terjadi kesalahan pengucapan oleh masyarakat sekitar.

Luasnya telaga ini menjadi alasan diberikan nama “merdada”. “Merdada” merujuk pada “dada”, yang mengandung makna lapang atau luas.

Pada rentang tahun 1950 sampai 1998, kawasan di sekitar telaga digunakan oleh PT Dieng Jaya sebagai tempat pembibitan jamur. Tapi kemudian, ketika terjadi krisis ekonomi, tempat pembibitan ini ditutup. Saat ini, masih terdapat beberapa bangunan yang dulunya digunakan sebagai tempat pembibitan jamur.

Air telaga ini merupakan sumber air penting bagi para petani sekitar. Lahan-lahan kentang yang banyak terdapat di sekitar telaga sangat bergantung pada debit air di telaga ini.

Telaga Merdada dibuka untuk umum setiap hari dari jam 07.00 WIB sampai 16.00 WIB. Tiket masuk ke tempat wisata ini sebesar Rp5.000 per orang.

Serayu Park

Selengkapnya
Wisata Serayu park Banjarnegara Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa seruling mas, kabupaten banjarnegara, provinsi jawa timur, negara indonesia. Wisata Serayu park Banjarnegara Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Serayu park Banjarnegara Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota banjarnegara tidak mengunjungi wisata air yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Serayu park Banjarnegara Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Wisata Serayu park Banjarnegara Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Serayu park Banjarnegara Jawa Tengah di kota banjarnegara.

Visi

“ Terwujudnya Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan, kegiatan Kemasyarakatan dan Pelayanan Umum yang optimal, menuju masyarakat yang Beriman, Mandiri dan Sejahtera. “

Misi

1. Mewujudkan Pemerintahan yang efektif dan efisien .
2. Mengembangkan pemberdayaan masyarakat, ekonomi kerakyatan dan kemitraan dalam melaksanakan pembangunan.
3. Meningkatkan usaha sektor pertanian, pariwisata dan industri kecil yang berwawasan lingkungan.
4. Mengoptimalkan pelayanan masyarakat sesuai keperluannya.
5. Meningkatkan derajat hidup manusia melalui upaya peningkatan kesehatan jasmani dan rohani.
6. Meningkatkan kemampuan daerah dalam pembiayaan pemerintahan dan pembangunan.
7. Meningkatkan rasa aman dan tentram dalam suasana kehidupan yang demokratis dan agamis.
Hubungi Kami

0286-5986200

Jl. Raya Batur No. 47 Batur

kec_batur@banjarnegarakab.go.id